Hati-hati Terhadap 7 Penyebab Penuaan Dini Ini!

Kamu tentu sering mendengar penuaan dini sering menjadi salah satu pembahasan yang cukup banyak salama ini. Tapi, tahukah kamu bahwa penuaan dini dapat disebabkan oleh aktifitas sehari-hari. Kira kira apa saja yang mempengaruhi? Simak penjelasan Penyebab Penuaan Dini berikut ini.

1. Sering Terkena Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari langsung adalah salah satu faktor penyebab paling utama dari penuaan dini. Sebab, ada setidaknya 80% penuaan dini pada kulit masyarakat Indonesia disebabkan oleh radiasi sinar ultraviolet, atau yang biasa disebut sebagai photoaging. Hal ini didukung oleh kondisi lingkungan Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan paparan sinar matahari yang terbilang menyengat dan cukup lama. Photoaging adalah proses berkurangnya kolagen serta serat elastin kulit akibat paparan sinar UV matahari yang berlebihan pada kulit. Radiasi dari sinar UV yang berbahaya bagi kondisi kulit manusia ada dua, yaitu radiasi UV-A dan radiasi UV-B. Sesuai namanya, Radiasi UV-A merupakan jenis sinar radiasi yang memiliki gelombang paling panjang. Sehingga bisa menembus sampai lapisan demis kulit dan dapat merusak sera-serat yang berada di dalamnya, sehingga kulit menjadi kehilangan elastisitas dan lebih cepat berkerut. Sedangkan sinar radiasi UV-B berpotensi untuk memberikan dampak jangka pendek dengan menimbulkan kulit kemerahan atau terbakar,” paparnya. Paparan sinar matahari ini dapat memicu serangan radikal bebas yang menjadi pemicu terjadinya kerutan pada kulit, kulit mengendur dan kerusakan kolagen dan elastin. Sehingga menyebabkan perubahan pada kulit, karena kulit menjadi lebih kering, kurang kenyal, kendur, hilangnya bantalan lemak kulit, munculnya kerut di garis ekspresi, seperti smiling line.

2. Pola tidur tidak teratur

Penyebab keduanya adalah pola tidur yang tidak teratur. Sebab, sebenarnya kulit kita mengalami pembaruan atau regenerasi sel kulit ketika kita tidur. Sehingga, pola tidur yang tidak teratur tentu mempengaruhi kondisi kulit. Ketika Anda sering tidur larut atau begadang, tentu mempengaruhi pertumbuhan sel-sel baru pada kulit. Sehingga kulit regenerasi sel kulit akan menjadi terhambat. Maka dari itu kamu harus memiliki pola tidur yang teratur dan dalam jumlah yang cukup.

3. Makanan mengandung gula

Makanan bukan hanya dapat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda, namun makanan juga ternyata memiliki dampak terhadap kulit. Konsumsi gula yang terlalu banyak ternyata bisa memicu terjadinya proses glikasi. Pada proses ini glikasi ini tubuh yang kelebihan gula kemudian bergabung dengan protein, membentuk suatu komponen yang dinamakan advanced glycation end prooducts (AGES). Nah, pada komponen AGES inilah, yang berperan dalam merusak kolagen dan elastin di kulit. Jika terjadi kerusakan pada kolagen dan elastin di kulit, maka kulit akan mengendur dan muncul kerutan. Tentu saja, gula tidak hanya didapatkan dari makanan manis. Sebab, kebiasaan mengonsumsi karbohidrat seperti nasi yang merupakan sumber gula, cenderung lebih banyak berkerutan pada kulitnya.

4. Mengonsumsi alkohol

Konsumsi alkohol sudah terbukti memiliki dampak buruk terhadap kulit. Meski minuman beralkohol berbentuk cair, bukan berarti minuman beralkohol memiliki peran yang sama dengan air mineral. Sebab, minuman beralkohol dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Tentu, dehidrasi adalah hal pertama yang kamu rasakan saat bangun setelah minum alkohol. Jika kamu sering mengonsumsi alkohol, maka tentu membuat tubuh menjadi dehidrasi dan dapat menyebabkan kulit kering dan kasar. Oleh karena itu, jika kamu ingin memiliki kulit sehat, maka minumlah air mineral sebanyak mungkin.

5. Terpapar polusi radikal bebas

Sama halnya dengan sinar UV, paparan radikal bebas juga dapat menyebabkan kulit mengalami masalah. Paparan polusi dan radikal bebas menjadi salah satu penyebab kondisi kesehatan dan kulit. Mulai dari kulit yang menjadi kusam, munculnya kerutan halus, dan kulit mudah berjerawat. Kandungan racun berbahaya yang terkandung didalam polusi udara atau air adalah yang paling sering menghantui. Sebab, kita tidak bisa beraktifitas jauh dari udara dan air. Nah, kondisi air dan udara yang buruk dapat menyebabkan kulitmu mudah mengalami masalah dan mengalami penuaan dini.

6. Merokok

Salah satu penyebab adanya polusi udara adalah asap rokok. Tentu kamu bisa mengalami masalah kesehatan tubuh dan kulit jika sering terpapar asap rokok, ataupun menghisap rokok itu sendiri. Ini dikarenakan rokok dan asap rokok mengandung nikotin. Nah, nikotin ini sendiri adalah vasokonstriktor, yaitu suatu zat yang dapat menurunkan aliran darah ke organ tubuh, salah satunya adalah kulit. akibat dari penurunan aliran darah ini bisa menyebab kulit kekurangan oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit, termasuk vitamin A yang diperlukan untuk proses regenerasi sel kulit. selain itu, rokok juga mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan tubuh ataupun kesehatan kulit. Nah, oleh sebab itu kamu harus menghantikan kebiasaan merokok atau mengurangi adanya kontak langung dengan asap rokok jika ingin kulitmu sehat dan bebas dari masalah penuaan dini.

7. Olahraga Terlalu Sering

Olah raga yang terlalu sering tentu memiliki dampak yang juga tidak bagi kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit. sama halnya dengan berbagai hal yang berlebihan, olah raga terlalu sering juga memimiliki dampak yang buruk loh untuk kulit. Aktivitas olah raga yang terlalu sering menjadikan kamu lebih lama terpapar keringat. Tentu saja, keringat itu mengandung kotoran yang dapat mengiritasi kulitmu. Sehingga keringat itu bisa mengering dengan sendirinya. Nah, disaat itulah kotoran akan menjadi lebih mudah melekat pada kulit. Breakout yang terjadi pada kulitmu juga bisa lebih mudah terdampak, jika kamu melakukan olah raga diluar ruangan. Oleh sebab itulah, kamu harus berolahraga dengan porsi yang cukup dan selalu menggunakan handuk bersih saat menyeka keringat. Kamu juga harus segera mandi dan mencuci wajah untuk mencegah terjadinya pori-pori tersumbat dan jerawat ketika sudah melakukan pendinginan.   Oke, itulah 7 penyebab terjadinya penuaan dini pada kulit. Mau tahu informasi terkait kesehatan kulit lain? Yuk kunjungi website kosemetikpedia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *